Grafis berbasis vektor dan Bitmap

on Senin, 26 Juli 2010
Grafis Berbasis Vektor
Merupakan Software yang dapat menghasilkan gambar digital yang berbasiskan persamaan matematis. Gambar Vektor terdiri dari penggabungan koordinat-koordinat titik menjadi garis atau kurva untuk kemudian menjadi sebuah objek, sehingga gambar tidak menjadi pecah walaupun diperbesar atau diperkecil. Gambar vektor umumnya memiliki ukuran yang lebih kecil bila dibandingkan dengan gambar bitmap. Beberapa format gambar vektor di antaranya: SVG, EPS, dan CDR.
Contoh Software :
1. CorelDraw
Corel Draw adalah editor grafik vektor yang dibuat oleh Corel, sebuah perusahaan yang bermarkas di Ottawa, Kanada. Versi terakhirnya versi 14 yang dinamai X4 dirilis pada tahun 2008. CorelDRAW pada awalnya dikembangkan untuk dijalankan pada sistem operasi Windows 2000 dan yang lebih baru. Versi CorelDRAW untuk Linux dan Mac OS pernah dikembangkan, tetapi dihentikan karena tingkat penjualannya rendah.
2. Macromedia FreeHand

Macromedia FreeHand adalah aplikasi komputer untuk membuat grafik vektor 2 dimensi (penggunaan lambang geometris seperti titik, garis, lengkungan dan poligon untuk merepresentasikan gambar, dikenal dengan pemodelan geometris) diorientasikan untuk pasar pemasaran desktop professional. Telah tersedia untuk Microsoft Windows dan Mac OS X.


3. Corel Designer
Sebuah fitur lengkap program Windows gambar dari Corel yang telah banyak digunakan oleh ilustrator teknis. Originally developed by Micrografx, which was acquired by Corel in 2001, Corel DESIGNER is a very sophisticated vector graphics program providing many features of a CAD program, including layers and dimensioning. Awalnya dikembangkan oleh Micrografx, yang diakuisisi oleh Corel pada tahun 2001, Corel DESIGNER adalah vektor grafis yang sangat canggih program yang memberikan banyak fitur dari program CAD, termasuk lapisan dan dimensi. DESIGNER generates its own file types (DRW, DS4 and DSF) and also imports and exports all the major graphics formats. DESIGNER menghasilkan jenis file sendiri (DRW, DS4 dan DSF) dan juga impor dan ekspor semua format grafis utama. DESIGNER was the first application to bring the graphics capabilities of the Macintosh to the Windows platform back in the days of Windows 3.0. DESIGNER adalah aplikasi pertama untuk membawa kemampuan grafis dari Macintosh untuk platform Windows kembali pada hari-hari dari Windows 3.0. See CorelDRAW and Corel . Lihat CorelDRAW dan Corel .




4. Adobe Illustrator
Adobe Illustrator telah lama eksis, dikenal dan banyak digunakan seperti halnya Corel Draw. Keduanya menyediakan sejumlah besar fasilitas dan berbagai kemudahan proses. Persaingannya cukup ketat dan sangat menguntungkan pemakainya. Secara garis besar dan prinsip penggunaan Adobe Illustrator sama persis denga CorelDraw, sehingga Tampilan isi daripada Jendela memiliki tampilan yang sama.
Sistem Adobe Illustrator menyediakan berbagai variasi pemakaian fasilitas Toolbox melalui pemakaian tombol keyboard. Sayangnya variasi pemakaian tombol tidak diinformasikan ketika memproses suatu objek melalui fasilitas Toolbox mak diharuskan menghafalnya sehingga ini cukup menyulitkan bagi pemula. Sistem Adobe Illustrator juga menyediakan fasilitas Control Palette yang berguna mengatur variasi pemakaian fasilitas Toolbox, hal yang sama seperti fasilitas Property Bar pada sistem CorelDRAW.





5. Xara Xtreme
Xara Xtreme (sebelumnya Xara Studio, Xara X) adalah 2D vektor editor grafis yang dibuat oleh perusahaan perangkat lunak Inggris Xara , yang diakuisisi oleh perusahaan Jerman Cari Syarat masuk AG pada tahun 2007, dan sekarang beroperasi sebagai milik anak perusahaan yang sepenuhnya.
Xara Xtreme awalnya dikembangkan untuk Microsoft Windows dan versi komersial saat ini hanya berjalan pada Windows.. Versi hingga 4.x dapat dijalankan di Linux dengan Wine .
. Xara Xtreme untuk Linux (sebelumnya Xara Xtreme Xara LX LX atau singkatnya) adalah versi open source untuk Linux .



Grafis Berbasis Bitmap
Grafik (citra) bitmap juga dikenal dengan istilah raster. Citra bitmap menggunakan titik-titik berwarna yang disebut pixel (pic-ture element). Pixel-pixel tersebut ditempatkan pada lokasi-lokasi tertentu dengan nilai-nilai warna tersendiri dan secara keseluruhan akan membentuk tampilan.

Tampilan bitmap mampu menunjukan kehalusan gradasi dan warna dari sebuah gambar. Oleh karena itu format bitmap paling tepat digunakan untuk gambar-gambar dengan gradasi warna yang rumit seperti foto dan lukisan digital. Namun, format bitmap mempunyai kelemahan dimana setiap tampilan sangat tergantung pada resolusi gambar (istilahnya: resolution dependent), artinya setiap gambar mempunyai jumlah pixel yang pasti (tetap). Akibatnya gambar bisa kehilangan detail dan juga terlihat “kotak-kotak”(jagged) jika ukurannya diperbesar atau jika resolusinya diperkecil dari resolusi aslinya. Citra dengan format bitmap ini memerlukan ruang pemyimpanan data yang relatif besar, sebanding dengan ukuran dan resolusi yang dimilikinya.
Dalam bentuk file citra bitmap biasannya memiliki format *.bmp, *. Jpg, *jpeg, *. Tif, *. Tiff, ataupun *. Png. Gambar yang dihasilkan oleh kamera digital ataupuin scanner Anda akan ditransfer ke komputer dalam bentuk citra bitmap.
Contoh Software :
Software aplikasi yang digunakan dalam bidang desain grafis dan berbasis Bitmap adalah : Paint, Adobe photoshop, chorel photopaint, sedangkan sisanya adalah program aplikasi berbasis vector.
1.Aviary, Aplikasi Editing Vektor yang Luar Biasa

Bagi Anda pecinta gambar vektor, mungkin inilah solusi yang ciamik untuk membuat grafik.
Vektor pada dasarnya berarti kreasi anda tidak berdasarkan pixel, melainkan pada persamaan variabel. Karena itu dapat membuat sesuatu yang kecil dan ukuran selanjutnya ke bawah dan ke atas tanpa menghilangkan detail apapun. Jika ingin melakukan hal ini secara teratur pada gambar JPG, ini akan memperoleh semua tampilan yang kabur dan tidak jelas, khususnya ketika gambar tersebut menjadi teks yang kecil.
Aviary adalah rangkaian kolaborasi kreatif untuk seniman dari semua genre. Tersedia baik online maupun offline, melalui Adobe Flex dan teknologi Air masing-masing, Aviary memungkinkan seniman untuk membuat on the fly dengan persediaan alat untuk setiap media. Dari editing gambar untuk tipografi, untuk musik, untuk 3D video, seniman dapat menciptakan dan berkolaborasi dengan perangkat lunak yang gratis, ringan dan powerful.
Aviary terdiri dari 16 aplikasi web kaya yang bekerja sama untuk memungkinkan seniman untuk menciptakan berbagai bentuk konten, jaringan sosial untuk seniman dan pasar untuk menjual konten artis dan layanan masuk
Aviary secara otomatis memverifikasi keaslian pekerjaan masing-masing user dan dapat mengidentifikasi isu-isu kepemilikan potensial sementara tambahan pelacakan dan mempertahankan hak, royalti dan atribusi dari seluruh karya kolaborasi dan revisi.
2. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 , dan yang terakhir ini adalah Adobe Photoshop CS4.
Photoshop tersedia untuk Microsoft Windows, Mac OS X, dan Mac OS; versi 9 ke atas juga dapat digunakan oleh sistem operasi lain seperti Linux dengan bantuan perangkat lunak tertentu seperti CrossOver.

3. Corel Photopaint

Corel PhotoPaint adalah perangkat lunak buatan Corel yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek seperti Adobe Photoshop. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan. Perangkat lunak ini biasa dijual satu paket dengan Corel Draw dan Corel R.A.V.E .
4. GIMP
(G NU saya mage M anipulation P rogram) Sebuah cat dan open source program editing gambar untuk Unix, X Window dan Mac OS X yang berasal sebagai proyek sarjana oleh Peter Mattis dan Spencer Kimball di University of California, Berkeley. Sejumlah pemrogram berkontribusi terhadap proyek, mengubah GIMP menjadi alat manipulasi gambar serius yang mendukung lapisan, channel alpha, pihak ketiga plug-in dan tiga bahasa scripting. Menggunakan Python, Perl atau Script-Fu script, GIMP dapat digunakan untuk pengolahan batch dan otomatisasi tugas seperti interpolasi dari urutan frame untuk animasi.


5. Artrage

ArtRage adalah yang menyenangkan dan mudah untuk menggunakan alat melukis untuk Windows yang membolehkan anda bermain dengan cat realistik pada komputer anda. Anda boleh membuat lukisan anda sendiri dari sifar, beban di foto dan menciptakan mereka dengan cat minyak, pensil, merasa pena, atau salah satu ArtRage alat-alat lain yang ditawarkan. Anda boleh melakukan percubaan dengan cat metalik untuk membalik emas, taburi glitter mengilap, mengisi kawasan yang luas dengan roller cat, dan umumnya cat, noda, dan Pap cara anda untuk karya anda sendiri.

Setiap alat yang direka untuk bekerja seperti rakan dunia nyata. noda cat tebal dan campuran, pensil dan noda kapur, dan spidol bekerja sama seperti yang mereka lakukan di dunia nyata. Banyak alat yang boleh disesuaikan untuk memberikan kesan yang berbeza. Anda boleh melukis dengan minyak menipis, gunakan spidol basah atau kering, melunakkan pensil anda dan mengendalikan kekerasan dari krayon, dan banyak lagi.

0 komentar:

Poskan Komentar