Psikologi Kognitif

on Selasa, 18 September 2012
Sejarah Psikologi kognitif itu berawal dari perselisihan pendapat tentang cara manusia memahami pengetahuan maupun dunia serta alamnya antara Guru dan Murid yaitu antara Plato yang beraliran Rasionalis dan Aristoteles Beraliran Empiris.
Plato berpendapat bahwa manusia itu memahami sesuatu itu secara logis, sedangkan Aristoteles berpendapat bahwa manusia itu memahami dengan bukti-bukti empiris , perdebatan ini berlangsung sampai abad ke-18 dan dilanjutkan oleh rene descartes dan john locke.

Psikologi Kognitif adalah Sebuah Ilmu Yang mempelajari Proses-proses mental , proses pembentukan gagasan ,membuat keputusan tanpa berfikir , berpersepsi , menalar tentang suatu informasi , kemampuan berfikir itu ada 2 yaitu Kritis dan Kreatif.
Definisi Kognisi adalah Cara informasi diolah dan dimanipulasi dalam mengingat , berfikir , dan mengetahui.
Berfikir adalah Memanipulasi Informasi secara mental seperti kita membentuk konsep , menyelesaikan masalah , membuat keputusan serta merefleksikan nya dalam bentuk cara yang kreatif dan kritis.
berfikir itu antara lain untuk
1. menjawab pertanyaan
2. membuat pertimbangan
3. introspeksi
4. menyelesaikan masalah , dll
Cara berfikir itu ada dua yaitu artistic thinking dan directed thinking
Artistic thinking itu ciri-cirinya tidak mempunyai tujuan dan melarikan diri dari kenyataan
directed thinking itu ciri-ciri nya langsung menuju ketujuan dan mencari penyelesaian masalah

Aspek mendasar dalam proses berfikir adalah pemahaman tentang konsep , konsep adalah kategori-kategori mental yang digunakan untuk mengelompokkan objek-objek , kejadian-kejadian dan beragam sifat. contohnya ketika kita menyebutkan kata jeruk dan apel , otak kita akan merefleksikan bahwa itu adalah buah-buahan.

konsep itu sangat penting karena,
1. konsep membuat kita melakukan generalisasi
2. konsep memungkinkan kita membuat asosiasi pengalaman-pengalaman yang ada
3. konsep membantu ingatan membuatnya lebih efisien sehingga kita tidak harus menciptakan
    kembali pemahaman atau makna ketika kita berhadapan dengan sebuah potongan    
    informasi , maksudnya konsep itu sudah memetakan segala hal yang pernah kita lalui
    sehingga informasi-informasi yang baru tadi langsung
    bisa di pahami dengan cara merecall kembali memori
4. konsep menyediakan petunjuk tentang bagaimana kita bereaksi terhadap suatu benda atau
    pengalaman  tertentu maksudnya itu seperti yang tadi konsep itu sudah memetakan segala  
    sesuatunya contoh nya kita mengalami suatu pengalaman yang baru seperti baru masuk
    kuliah dan berkenalan dengan kawan-kawan yang baru tentu konsep kita sudah 
    menyediakan petunjuk tentang bagaimana kita bereaksi terhadap hal ini
    karena sebelumnya pun kita pernah berkenalan walaupun situasinya berbeda.
   
 

Alfred Adler

on Senin, 17 September 2012

Alfred Adler lahir di pinggiran kota Wina pada tanggal 7 Februari 1870 dalam keluarga Yahudi, dia anak kedua dari enam bersaudara. Dia tumbuh dalam lingkungan dimana orang-orang memiliki berbagai jenis latar belakang kehidupan, Adler menghabiskan masa kecilnya bermain dengan teman-teman sebayanya termasuk anak-anak Yahudi dan bukan Yahudi keduanya kalangan menengah dan kalangan bawah. Itu tampak seperti perjalanan panjang dengan berbagai aspek sosial kepribadian yang bersumber dari pengalamannya sejak awal. Adler rupanya sejak awal memiliki keinginan untuk menjadi seorang dokter. Dia memulai karirnya sebagai seorang optamologis (Opthamologist), tapi kemudian beralih pada praktik dokter umum dan membuka praktik di daerah Wina. Pada tahun 1902 Adler bertemu Sigmund Freud, dan selama 9 tahun kemudian Adler resmi menjadi anggota Psikoanalisis Sosial di Wina. Adler kemudian beralih pada psikiatri dan pada tahun 1907 dia bergabung dengan kelompok diskusi Freud. Setelah menulis makalah tentang inferioritas organik, yang sedikit sejalan dengan pendapat Freud, maka untuk pertama kalinya dia menulis tentang makalah insting perusak yang tidak disepakati Freud dan kemudian makalah tentang perasaan inferioritas anak-anak yang memakai konsep-konsep seksual Freud secara metaforis, bukan secara harfiah sebagaimana yang dimaksud Freud. Walaupun Freud mengangkat Adler sebagai Presiden Viennese Analitic Society dan Co-editor dari terbitan berkala organisasi, Adler tetap mengkritik pandangan Freud. Perdebatan antara pendukung Adler dan pendukung Freud diadakan, tapi acara berakhir dengan keluarnya Adler dan 9 anggota lain dari organisasi tersebut dan mendirikan The Society for Free Psikoanalysis pada tahun 1911. Yang kemudian berubah menjadi The Society for Individual Psychology.

Teori Adler Mengenai Dinamika Kepribadian
Mengatasi Inferioritas dan Menjadi Superior
Bagi Adler, manusia dimotivasi oleh satu dorongan utama-dorongan untuk mengatasi perasaan inferioritas dan menjadi superior. Dengan demikian, perilaku kita pada dasarnya ditentukan oleh masa depan yang kita bayangkan-dengan tujuan dan harapan. Didorong oleh perasaan inferioritas, ditarik oleh keinginan untuk lebih superioritas, kita menghabiskan hidup kita berusaha untuk menjadi seperti hampir sesempurna mungkin. Inferioritas, bagi Adler, berarti merasa lemah dan tidak terampil dalam menghadapi tugas-tugas yang harus diselesaikan. Ini tidak berarti yang inferior dengan orang lain dalam arti umum, meskipun tidak berarti bahwa kita membandingkan kemampuan khusus kita dengan orang lain yang lebih tua dan lebih berpengalaman. Konsep Adler tentang superior hampir sama seperti gagasan Jung mengenai transendensi dan merupakan pelopor realisasi diri, atau aktualisasi diri, diusulkan oleh Horney, Maslow, dan lain-lain. Sekali lagi, dengan konsep ini, Adler bukan berarti menjadi lebih baik dari orang lain atau lebih di atas mereka. Dengan berjuang untuk superioritas, Adler berarti selalu berusaha untuk menjadi sesuatu yang lebih baik-untuk menjadi lebih dekat dan lebih dekat kepada seseorang yang merupakan tujuan ideal. Apakah perasaan inferioritas yang melahirkan tujuan untuk superioritas, dan bersama-sama mereka membentuk “drive ke atas” yang mendorong kita terus bergerak “dari minus ke plus … dari bawah ke atas” (Adler, 1930, p.398). Drive ini, menurut Adler, adalah bawaan dan merupakan kekuatan semua drive yang lain. Adler mengatakan inferioritas, sangat normal: semua dari kita memulai hidup dari kecil, makhluk yang lemah. Sepanjang hidup, inferioritas muncul terus-menerus seperti kita memenuhi tugas-tugas baru dan asing yang harus dikuasai. Perasaan ini adalah penyebab dari semua perbaikan perilaku manusia. Sebagai contoh, orang dewasa 40 tahun yang memperoleh promosi merasa kalah dalam posisi barunya sampai ia belajar bagaimana menangani tugas baru. Setiap kali kita menghadapi tugas baru, kesadaran awal inferioritas diatasi untuk mencapai superioritas. Beberapa kondisi seperti memanjakan dan mengabaikan dapat mengakibatkan seseorang untuk mengembangkan kompleks inferioritas atau superioritas. Kedua kompleks ini berkaitan erat. Kompleks superioritas selalu menyembunyikan atau-mengkompensasi-perasaan inferioritas, dan kompleks inferioritas sering menyembunyikan perasaan superioritas. Misalnya, orang yang sombong dan berusaha untuk mendominasi orang-orang yang dalam beberapa hal lebih lemah dari dirinya mungkin akan menunjukkan sebuah kompleks superioritas. Pada kenyataannya, orang merasa tidak mampu, tetapi dengan memanggil perhatian pada dirinya dan dengan mendorong orang lain di sekitar, ia dapat berpura-pura menjadi lebih unggul. Seseorang yang terus-menerus depresi dan putus asa dapat mengembangkan alasan untuk tidak berjuang untuk perbaikan diri dan memperoleh layanan khusus dari orang lain. Orang ini mungkin sebenarnya merasa berhak untuk layanan ini karena rasa superioritas yang tersembunyi dari keyakinan bahwa semua masalah bukan semata dari kesalahannya.
Diri yang Kreatif
Diri kreatif adalah prinsip penting dalam kehidupan manusia, sebagai penggerak utama, pegangan filsafat, yang pada akhirnya menjadi penyebab pertama dalam  menentukan perilaku manusia (Adler, 1978; Ansbacher, 1971). Diri kreatif sulit untuk digambarkan karena orang tidak dapat melihatnya secara langsung, tetapi hanya dapat melihatnya lewat manifestasi atau pengaruh-pengaruhnya saja. Inilah yang mengantarai antara perangsang yang dihadapi individu dengan respon yang dilakukannya. Diri yang kreatif membentuk kepribadiannya sendiri atau yang memberi arti kepada hidup, yang menetapkan tujuan serta membuat alat untuk mencapainya. Menurut Adler, keturunan atau hereditas hanya membekalinya dengan “kemampuan-kemampuan tertentu”, dan lingkungan hanya memberinya “kesan-kesan tertentu”. dua kekuatan (kemampuan dan kesan), dalam kombinasi dengan cara ia mengalaminya dan menafsirkan keturunan dan lingkungan yakni interprestasinya tentang pengalaman-pengalaman adalah membentuk “batu bata” atau dengan kata lain sikapnya terhadap kehidupan, yang menghubungkan dunia  ini dengan dunia luar Konsep Adler tentang kreativitas diri antimechanistic jelas mencerminkan pandangan tentang kepribadian: manusia bukanlah penerima pasif pengalaman tetapi seorang aktor dan inisiator perilaku. konsep ini menggarisbawahi pandangan Adler sebagai kepribadian dinamis, bukan statis: orang itu terus bergerak melalui kehidupan, aktif menafsirkan dan menggunakan pengalaman semua. dan mendukung gagasan bahwa kepribadian unik: setiap orang menciptakan kepribadiannya dari bahan mentah keturunan dan pengalaman.

Minat Sosial
Konsep Adler mengenai minat sosial tidak mudah untuk didefinisikan. Persoalan penting dalam dorongan kearah kesempurnaan adalah ide dari minat sosial atau kepekaan sosial (dalam bahasa Jerman istilah ini disebut Gemeinschaftsgefuhl atau “perasaan berkelompok”). Jika disandingkan dengan holisme-nya Adler, kita dapat dengan mudah melihat bahwa setiap orang yang “didorong kearah kesempurnaan” pasti mempertimbangkan lingkungan sosialnya. Sebagai makhluk sosial kita tidak akan eksis tanpa adanya orang lain. Ini tetap berlaku pada diri orang yang anti sosial sekalipun. Meskipun kapasitas untuk minat sosial adalah bawaan. Adler mengatakan, terlalu kecil atau lemah-setidaknya pada saat ini dalam evolusi manusia-untuk mengembangkan sendiri (Ansbacher dan Ansbacher, 1956). Sebagai hasilnya itu adalah tanggung jawab ibu, sebagai “orang lain pertama siapa anak pengalaman,” untuk mengembangkan potensi bawaan pada anak. jika ibu tidak “membantu anak memperpanjang minatnya untuk orang lain,” anak akan tidak siap untuk memenuhi persoalan hidup dalam masyarakat. Adler percaya bahwa dalam situasi tipis, sistem pendidikan atau beberapa bentuk terapi harus substitusi untuk pelatihan orang tua, lihat Kotak 5.2. Menurut Adler, adalah minat sosial yang memungkinkan seseorang untuk berjuang untuk keunggulan dalam cara yang sehat dan kurangnya itu yang mengarah ke fungsi maladaptif: Semua kegagalan-neurotik, psikotik, penjahat, pemabuk, masalah anak-anak, bunuh diri, cabul, dan pelacur-adalah kegagalan karena mereka kurang dalam minat sosial. mereka mendekati masalah pekerjaan, persahabatan, dan seks. iTanpa keyakinan bahwa masalah mereka dapat diselesaikan dengan kerjasama. makna mereka berikan kepada hidup adalah makna pribadi. Tidak ada orang lain yang diuntungkan oleh pencapaian tujuan mereka…. Tujuan mereka sukses adalah tujuan superioritas pribadi dan kemenangan mereka memiliki makna hanya untuk diri mereka sendiri. (Ansbacher dan Ansbacher, 1956, p.156). Konsep minat sosial menjelaskan bagaimana mungkin bagi semua orang berjuang untuk keunggulan sekaligus. Pada akhirnya, minat sosial terdiri dari orang-orang yang berusaha untuk “kesempurnaan” masyarakat karena mereka berusaha untuk individu mereka sendiri “kesempurnaan.” Dalam pengertian ini, “adalah minat sosial kompensasi yang benar dan tak terelakkan untuk semua kelemahan alami manusia individu.” (Adler, 1929, hal.31). kami berusaha untuk mengatasi inferiorities ourparticular membawa kita berjuang untuk memperbaiki masyarakat secara keseluruhan. Keadaan kesempurnaan terhadap yang kita semua berusaha adalah satu di mana individu dan masyarakat hidup, cinta dan bekerja bersama secara harmonis Pengertian tentang minat sosial dan berjuang untuk keunggulan sangat erat. Menurut Adler, manusia yang sehat yaitu pada saat yang sama ia berusaha untuk keunggulan sendiri membantu orang lain untuk mencapai tujuan mereka lain. Menurut Adler, untuk orang yang sehat dan masyarakat yang sehat dalam pengembangannya, harus ada interaksi konstan antara kepedulian untuk diri sendiri dan kepedulian untuk orang lain.

Penelitian Khas Adler mengenai Urutan Kelahiran
Sejalan dengan perhatian Adler terhadap penentu sosial kepribadian, ia mengamati bahwa kepribadian anak sulung, anak tengah, dan anak bungsu dalam satu keluarga akan berlainan.
Anak Pertama
Menurut Adler, anak pertama memiliki posisi yang unik, yaitu sebagai anak satu-satunya pada suatu waktu, dan kemudian mengalami pergeseran status ketika anak kedua lahir. Anak pertama awalnya mendapatkan perhatian utuh sampai terbagi saat adiknya lahir. Peristiwa tersebut mengubah situasi dan pandangan anak pertama terhadap dunia. Bila anak pertama berusia lebih tua 3 tahun atau lebih ketika memiliki adik, maka biasanya akan merasa permusuhan dan kebencian terhadap adiknya.
Anak Kedua
Sifat anak ini selalunya lebih agresif berbanding dengan anak sulong. Dia selalu dibantu dalam banyak perkara dan sentiasa ada penyokong di belakang kejayaannya –sama ada ibu, bapa atau kakak atau abangnya. Dia turut mempunyai daya saing yang lebih tinggi dan sering kali berlumba- lumba untuk menjadi yang lebih baik daipada adik- beradiknya yang lain. Anak kedua boleh menjadi seorang yang degil atau cuba dilihat menyerlah daripada orang lain dalam apa- apa perkara.
Anak Terakhir
Anak bungsu adalah anak yang dimanjakan. Sama seperti anak sulung, kemungkinan ia akan menjadi anak yang bermasalah dan menjadi orang dewasa yang neurotik dan tidak mampu menyesuaikan diri.


Psikologi faal


 Sistem Saraf
Sistem saraf merupakan sistem koordinasi (pengaturan tubuh) berupa penghantaran impul saraf ke susunan saraf pusat, pemrosesan impul saraf dan perintah untuk memberi tanggapan rangsangan.
Unit terkecil pelaksanaan kerja sistem saraf adalah sel saraf atau neuron
Sistem saraf dibedakan menjadi 2 :
Pusat :  Otak
            Sum-sum Tulang Belakang
                                          Tepi :   Soma Nervous Sistem
                                                     Sistem Saraf Otonom : - Simpatetik
                                                                                                 - Pra simpatetik

Cara Kerja Sitem Saraf
Pada sistem saraf ada bagian-bagian yang disebut :
a. Reseptor : alat untuk menerima rangsang biasanya berupa alat indra
b. Efektor : alat untuk menanggapi rangsang berupa otot dan kelenjar
c. Sel Saraf Sensoris : serabut saraf yang membawa rangsang ke otak
d. Sel saraf Motorik : serabut saraf yang membawa rangsang dari otak
e. Sel Saraf Konektor : sel saraf motorik atau sel saraf satu dengan sel saraf lain.
Skema terjadinya gerak sadar
Rangsang -reseptor – sel saraf sensorik – otak-sel saraf motorik-efektor- tanggapan

2.2 Hormon
Hormon merupakan salah satu sistem koordinasi di dalam tubuh dengan menggunakan cairan yang diedarkan oleh pembuluh darah. Dengan menggunakan hormon rangsang lebih lambat diberi tanggapan. Satu kelebihan koordinasi menggunakan hormon yaitu dengan sedikit saja hormon mampu mempengaruhi organ-organ yang menjadi sasarnnya.

Hipofisa (Pituitary)
Kelenjar ini merupakan kelenjar yang paling banyak menghasilkan jenis-jenis hormon.
Letaknya di ota
k
Macam hormon yang dihasilkan :
1) Somatotropin: berfungsi mempercepat pertumbuhan
2) Prolaktin : berfungsi mengantar kegiatan kelenjar susu
3) Tireotropin: mempengaruhi aktivitas kelenjar tiroid
4) Adnecorticotropin : mempengaruhi aktivitas kelenjar anak ginjal bagian kortek
5) Gonadotropin: mempengaruhi aktivitas ovarium atau testis
6) Vasopresin: mengatur penyempitan pembuluh darah
7) Oksitosin : mengatur kontraksi otot uterus pada saat melahirkan.


Kelenjar gondok (kelenjar tiroid)
Hormon yang dihasilkan yaitu tiroksin dan berfungsi mengatur pertumbuhan dan metabolisme. Letak kelenjar di sekitar jakun.

Kelenjar anak gondok (kelenjar paratiroid)
Terletak di dekat kelenjar gondok. Hormon yang dihasilkan yaitu parathormon dengan fungsi mempertahankan kadar kalsium dan fosfor dalam darah.

Kelenjar anak ginjal (kelenjar adrenal)
Terletak menempel pada bagian atas ginjal. Bagian kulit menghasilkan kortison yang berfungsi mengatur metabolisme dan mengatur keseimbangan air dan garam.
Sedang bagian sumsum (medulla) menghasilan adrenalin (epinefrin) yang berfungsi mempengaruhi denyut jantung, mengatur otot-otot kandung kencing juga mengatur kadar gula darah dengan cara mengubah glikogen menjadi glukosa.
Kelenjar Pankreas
Kelenjar pankreas bagian pulau-pulau Langerhans menghasilkan hormon insulin. Fungsi hormon ini mengatur kadar gula darah dengan cara mengubah glukosa menjadi glikogen.


Kelenjar kelamin
Pada laki-laki
Terletak dibagian testis. Hormon yang dihasilkan yang terpenting yaitu testosteron yang berfungsi mempertahankan proses pembentukan sperma dan menumbuhkan cirri-ciri kelainan sekunder

Pada wanita
Terletak pada ovarium. Hormon yang dihasilkan :
1) Estrogen, untuk mempertahankan pembentukan ovum dan cirri-ciri kelainan sekunder
2) Progesteron, mengatur pembentukan plasenta dan produksi air susu

2.3 Indera Manusia
Indera berperan sebagai reseptor, yaitu bagian tubuh yang berfungsi sebagai penerima rangsangan. Ada lima macam indera yaitu :
• Mata, sebagai penerima rangsang cahaya (fotoreseptor)
• Telinga, sebagai penerima rangsang getaran bunyi (fonoreseptor) dan tempat beradanya indera keseimbangan 9statoreseptor)
• Hidung, sebagai penerima rangsang bau berupa gas (kemoreseptor)
• Lidah, sebagai penerima rangsang zat yang terlarut (kemoreseptor)
• Kulit, sebagai penerima rangsang sentuhan (tangoreseptor)
Tiap indera akan berfungsi dengan sempurna apabila :
1. Indera tersebut secara anatomi tidak ada kelainan
2. Bagian untuk penerima rangsang bekerja dengan baik
3. Saraf-saraf yang membawa rangsang dari dan ke otak bekerja dengan baik
4. Pusat pengolahan rangsang di otak bekerja dengan baik


Mata
- Letak mata didalam rongga mata yang dilapisi/beralaskan lapisan lemak
- Mata merupakan penglihatan untuk menerima rangsang cahaya
- Bagian mata yang peka terhadap cahaya adalah bagian bintik kuning yang terdapat pada lapisan retina.
- Kita dapat melihat benda setelah rangsang cahaya diterima retina tepat pada bintik kuning, kemudian rangsangan diteruskan oleh urat saraf otak ke pusat penglihatan di otak

Telinga
- Telinga adalah tempat beradanya indera pendengaran yang memiliki saraf pendengaran
- Telinga terbagi menjadi tiga bagian yaitu telinga luar, telinga tengah dan telinga dalam.
- Pada bagian rumah siput tersebut terdapat ujung saraf yang berhubungan dengan pusat pendengaran
- Didalam telinga juga terdapat alat keseimbangan yang terletak pada tiga saluran setengah lingkaran.

Kulit
- Kulit berfungsi sebagai indera perasa dan peraba
- Kulit peka terhadap rangsang yang berupa panas, dingin, tekanan, sentuhan dan sakit/nyeri         - Sensor nya / Reseptor nya ada 3 : Cutanous senses , Kinesthesia , Organic senses
Lidah
- Lidah berfungsi sebagai indera pengecap
- Indera pengecap tersebut terletak pada bagian permukaan atas terbagi menjadi beberapa daerah yang peka terhadap rasa yang berbeda-beda (manis, pahit, asin dan masam)
- Permukaan lidah juga dapat merasakan panas, dingin, kasar, halus dan nyeri.


Hidung
- Hidung berfungsi sebagai indera pembau
- Ujung-ujung saraf pembau terletak pada selaput lender rongga hidung bagian atas, kerang hidung atas dan permukaan atas kerang hidung yang tengah.
- Pada ujungs araf pembau terdapat selaput lender yang berfungsi sebagai pelembab
- Bau yang busuk pada rongga hidung waktu kita menarik napas ditangkap oleh ujung saraf kemudian dibawa ke pusat pembau di otak sehingga kita dapat menerima rangsang bau.

Apabila dibagi ke dalam kelompok alat indera, maka dapat kita bagi ke dalam tiga grup kelompok, yakni :
1. Kemoreseptor
Kemoreseptor adalah alat indera yang merespon terhadap rangsangan zat kimia yaitu indra pembau (idung) dan indra pengecap (lidah).
2. Mekanoreseptor
Mekanoreseptor adalah alat indera yang merespon terhadap rangsangan gaya berat, tegangan suara dan tekanan yakni indra peraba (kulit) dan indra pendengaran (kuping).
3. Photoreseptor / Fotoreseptor
Photoreseptor adalah alat indera yang merespon terhadap rangsangan cahaya seperti indra penglihatan atau mata.
Alat indra kita merupakan aset terpenting tubuh kita oleh sebab itu jagalah kesehatan alat indera kita agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

2.4 Kelainan dan Penyakit-penyakit Indera
Miopi atau rabun jauh
Yaitu kelainan pada mata dimana bayangan yang dibentuk oleh lensa jatuh didepan retina. Kelainan ini terjadi karena lensa mata terlalu cembung atau garis tengash mata panjang. Kelainan ini dapat ditolong dengan menggunakan lensa negative
Hypermetropi atau rabun dekat
Yaitu kelainan mata dimana bayangan yang dibentuk oleh lensa jatuh dibelakang retina. Kelainan ini terjadi karena lensa mata terlalu pipih atau garis tengah mata pendek. Kelainan ini dapat ditolong dengan menggunakan lensa positif.
Presbiopi
Yaitu kelainan pada mata karena tidak elastisnya lensa mata untuk berakomodasi. Penderita kelainan ini biasanya menggunakan lensa ganda yaitu lensa positif dan lensa negative.
Rabun Senja
Kelainan pada mata karena defisiensi vitamin A. Akibatnya penderita kesulitan melihat benda saat terjadi perubahan dari terang ke gelap atau saat senja
Neuritis Vestibuler
Disebabkan karena infeksi virus
Tuli Saraf
Disebabkan karena adanya kerusakan pada rumah siput
Parkinson
Sulit menendalikan tubuh terjadi kekakuan