Alfred
Adler lahir di pinggiran kota Wina pada tanggal 7 Februari 1870 dalam keluarga
Yahudi, dia anak kedua dari enam bersaudara. Dia tumbuh dalam lingkungan dimana
orang-orang memiliki berbagai jenis latar belakang kehidupan, Adler
menghabiskan masa kecilnya bermain dengan teman-teman sebayanya termasuk
anak-anak Yahudi dan bukan Yahudi keduanya kalangan menengah dan kalangan
bawah. Itu tampak seperti perjalanan panjang dengan berbagai aspek sosial
kepribadian yang bersumber dari pengalamannya sejak awal. Adler rupanya sejak
awal memiliki keinginan untuk menjadi seorang dokter. Dia memulai karirnya
sebagai seorang optamologis (Opthamologist), tapi kemudian beralih pada praktik
dokter umum dan membuka praktik di daerah Wina. Pada tahun 1902 Adler bertemu Sigmund
Freud, dan selama 9 tahun kemudian Adler resmi menjadi anggota Psikoanalisis
Sosial di Wina. Adler kemudian beralih pada psikiatri dan pada tahun 1907 dia
bergabung dengan kelompok diskusi Freud. Setelah menulis makalah tentang
inferioritas organik, yang sedikit sejalan dengan pendapat Freud, maka untuk
pertama kalinya dia menulis tentang makalah insting perusak yang tidak
disepakati Freud dan kemudian makalah tentang perasaan inferioritas anak-anak
yang memakai konsep-konsep seksual Freud secara metaforis, bukan secara harfiah
sebagaimana yang dimaksud Freud. Walaupun Freud mengangkat Adler sebagai
Presiden Viennese Analitic Society dan Co-editor dari terbitan berkala
organisasi, Adler tetap mengkritik pandangan Freud. Perdebatan antara pendukung
Adler dan pendukung Freud diadakan, tapi acara berakhir dengan keluarnya Adler
dan 9 anggota lain dari organisasi tersebut dan mendirikan The Society for Free
Psikoanalysis pada tahun 1911. Yang kemudian berubah menjadi The Society for
Individual Psychology.
Teori Adler Mengenai Dinamika Kepribadian
Mengatasi Inferioritas dan Menjadi Superior
Bagi Adler, manusia dimotivasi
oleh satu dorongan utama-dorongan untuk mengatasi perasaan inferioritas dan
menjadi superior. Dengan demikian, perilaku kita pada dasarnya ditentukan oleh
masa depan yang kita bayangkan-dengan tujuan dan harapan. Didorong oleh
perasaan inferioritas, ditarik oleh keinginan untuk lebih superioritas, kita
menghabiskan hidup kita berusaha untuk menjadi seperti hampir sesempurna
mungkin. Inferioritas, bagi Adler, berarti merasa lemah dan tidak terampil
dalam menghadapi tugas-tugas yang harus diselesaikan. Ini tidak berarti yang inferior
dengan orang lain dalam arti umum, meskipun tidak berarti bahwa kita
membandingkan kemampuan khusus kita dengan orang lain yang lebih tua dan lebih
berpengalaman. Konsep Adler tentang superior hampir sama seperti gagasan Jung
mengenai transendensi dan merupakan pelopor realisasi diri, atau aktualisasi
diri, diusulkan oleh Horney, Maslow, dan lain-lain. Sekali lagi, dengan konsep
ini, Adler bukan berarti menjadi lebih baik dari orang lain atau lebih di atas
mereka. Dengan berjuang untuk superioritas, Adler berarti selalu berusaha untuk
menjadi sesuatu yang lebih baik-untuk menjadi lebih dekat dan lebih dekat
kepada seseorang yang merupakan tujuan ideal. Apakah perasaan inferioritas yang
melahirkan tujuan untuk superioritas, dan bersama-sama mereka membentuk “drive
ke atas” yang mendorong kita terus bergerak “dari minus ke plus … dari bawah ke
atas” (Adler, 1930, p.398). Drive ini, menurut Adler, adalah bawaan dan
merupakan kekuatan semua drive yang lain. Adler mengatakan inferioritas, sangat
normal: semua dari kita memulai hidup dari kecil, makhluk yang lemah. Sepanjang
hidup, inferioritas muncul terus-menerus seperti kita memenuhi tugas-tugas baru
dan asing yang harus dikuasai. Perasaan ini adalah penyebab dari semua
perbaikan perilaku manusia. Sebagai contoh, orang dewasa 40 tahun yang
memperoleh promosi merasa kalah dalam posisi barunya sampai ia belajar
bagaimana menangani tugas baru. Setiap kali kita menghadapi tugas baru,
kesadaran awal inferioritas diatasi untuk mencapai superioritas. Beberapa kondisi
seperti memanjakan dan mengabaikan dapat mengakibatkan seseorang untuk
mengembangkan kompleks inferioritas atau superioritas. Kedua kompleks ini
berkaitan erat. Kompleks superioritas selalu menyembunyikan
atau-mengkompensasi-perasaan inferioritas, dan kompleks inferioritas sering
menyembunyikan perasaan superioritas. Misalnya, orang yang sombong dan berusaha
untuk mendominasi orang-orang yang dalam beberapa hal lebih lemah dari dirinya
mungkin akan menunjukkan sebuah kompleks superioritas. Pada kenyataannya, orang
merasa tidak mampu, tetapi dengan memanggil perhatian pada dirinya dan dengan
mendorong orang lain di sekitar, ia dapat berpura-pura menjadi lebih unggul.
Seseorang yang terus-menerus depresi dan putus asa dapat mengembangkan alasan
untuk tidak berjuang untuk perbaikan diri dan memperoleh layanan khusus dari
orang lain. Orang ini mungkin sebenarnya merasa berhak untuk layanan ini karena
rasa superioritas yang tersembunyi dari keyakinan bahwa semua masalah bukan
semata dari kesalahannya.
Diri yang Kreatif
Diri kreatif adalah prinsip
penting dalam kehidupan manusia, sebagai penggerak utama, pegangan filsafat,
yang pada akhirnya menjadi penyebab pertama dalam menentukan perilaku
manusia (Adler, 1978; Ansbacher, 1971). Diri kreatif sulit untuk digambarkan
karena orang tidak dapat melihatnya secara langsung, tetapi hanya dapat
melihatnya lewat manifestasi atau pengaruh-pengaruhnya saja. Inilah yang
mengantarai antara perangsang yang dihadapi individu dengan respon yang
dilakukannya. Diri yang kreatif membentuk kepribadiannya sendiri atau yang
memberi arti kepada hidup, yang menetapkan tujuan serta membuat alat untuk
mencapainya. Menurut Adler, keturunan atau hereditas hanya membekalinya dengan
“kemampuan-kemampuan tertentu”, dan lingkungan hanya memberinya “kesan-kesan
tertentu”. dua kekuatan (kemampuan dan kesan), dalam kombinasi dengan cara ia
mengalaminya dan menafsirkan keturunan dan lingkungan yakni interprestasinya
tentang pengalaman-pengalaman adalah membentuk “batu bata” atau dengan kata
lain sikapnya terhadap kehidupan, yang menghubungkan dunia ini dengan
dunia luar Konsep Adler tentang kreativitas diri antimechanistic jelas
mencerminkan pandangan tentang kepribadian: manusia bukanlah penerima pasif
pengalaman tetapi seorang aktor dan inisiator perilaku. konsep ini
menggarisbawahi pandangan Adler sebagai kepribadian dinamis, bukan statis:
orang itu terus bergerak melalui kehidupan, aktif menafsirkan dan menggunakan
pengalaman semua. dan mendukung gagasan bahwa kepribadian unik: setiap orang
menciptakan kepribadiannya dari bahan mentah keturunan dan pengalaman.
Minat Sosial
Konsep Adler mengenai minat sosial tidak mudah
untuk didefinisikan. Persoalan penting dalam dorongan kearah kesempurnaan
adalah ide dari minat sosial atau kepekaan sosial (dalam bahasa Jerman istilah
ini disebut Gemeinschaftsgefuhl atau “perasaan berkelompok”). Jika disandingkan
dengan holisme-nya Adler, kita dapat dengan mudah melihat bahwa setiap orang
yang “didorong kearah kesempurnaan” pasti mempertimbangkan lingkungan
sosialnya. Sebagai makhluk sosial kita tidak akan eksis tanpa adanya orang
lain. Ini tetap berlaku pada diri orang yang anti sosial sekalipun. Meskipun
kapasitas untuk minat sosial adalah bawaan. Adler mengatakan, terlalu kecil
atau lemah-setidaknya pada saat ini dalam evolusi manusia-untuk mengembangkan
sendiri (Ansbacher dan Ansbacher, 1956). Sebagai hasilnya itu adalah tanggung
jawab ibu, sebagai “orang lain pertama siapa anak pengalaman,” untuk
mengembangkan potensi bawaan pada anak. jika ibu tidak “membantu anak
memperpanjang minatnya untuk orang lain,” anak akan tidak siap untuk memenuhi
persoalan hidup dalam masyarakat. Adler percaya bahwa dalam situasi tipis,
sistem pendidikan atau beberapa bentuk terapi harus substitusi untuk pelatihan
orang tua, lihat Kotak 5.2. Menurut Adler, adalah minat sosial yang
memungkinkan seseorang untuk berjuang untuk keunggulan dalam cara yang sehat
dan kurangnya itu yang mengarah ke fungsi maladaptif: Semua
kegagalan-neurotik, psikotik, penjahat, pemabuk, masalah anak-anak, bunuh diri,
cabul, dan pelacur-adalah kegagalan karena mereka kurang dalam minat sosial.
mereka mendekati masalah pekerjaan, persahabatan, dan seks. i. Tanpa
keyakinan bahwa masalah mereka dapat diselesaikan dengan kerjasama. makna
mereka berikan kepada hidup adalah makna pribadi. Tidak ada orang lain yang
diuntungkan oleh pencapaian tujuan mereka…. Tujuan mereka sukses adalah tujuan
superioritas pribadi dan kemenangan mereka memiliki makna hanya untuk diri
mereka sendiri. (Ansbacher dan Ansbacher, 1956, p.156). Konsep minat sosial
menjelaskan bagaimana mungkin bagi semua orang berjuang untuk keunggulan
sekaligus. Pada akhirnya, minat sosial terdiri dari orang-orang yang berusaha
untuk “kesempurnaan” masyarakat karena mereka berusaha untuk individu mereka
sendiri “kesempurnaan.” Dalam pengertian ini, “adalah minat sosial kompensasi
yang benar dan tak terelakkan untuk semua kelemahan alami manusia individu.”
(Adler, 1929, hal.31). kami berusaha untuk mengatasi inferiorities
ourparticular membawa kita berjuang untuk memperbaiki masyarakat secara
keseluruhan. Keadaan kesempurnaan terhadap yang kita semua berusaha adalah satu
di mana individu dan masyarakat hidup, cinta dan bekerja bersama secara
harmonis Pengertian tentang minat sosial dan berjuang untuk keunggulan sangat
erat. Menurut Adler, manusia yang sehat yaitu pada saat yang sama ia berusaha
untuk keunggulan sendiri membantu orang lain untuk mencapai tujuan mereka lain.
Menurut Adler, untuk orang yang sehat dan masyarakat yang sehat dalam
pengembangannya, harus ada interaksi konstan antara kepedulian untuk diri
sendiri dan kepedulian untuk orang lain.
Penelitian Khas Adler mengenai
Urutan Kelahiran
Sejalan
dengan perhatian Adler terhadap penentu sosial kepribadian, ia mengamati bahwa
kepribadian anak sulung, anak tengah, dan anak bungsu dalam satu keluarga akan
berlainan.
Anak Pertama
Menurut
Adler, anak pertama memiliki posisi yang unik, yaitu sebagai anak satu-satunya
pada suatu waktu, dan kemudian mengalami pergeseran status ketika anak kedua
lahir. Anak pertama awalnya mendapatkan perhatian utuh sampai terbagi saat
adiknya lahir. Peristiwa tersebut mengubah situasi dan pandangan anak pertama
terhadap dunia. Bila anak pertama berusia lebih tua 3 tahun atau lebih ketika
memiliki adik, maka biasanya akan merasa permusuhan dan kebencian terhadap
adiknya.
Anak Kedua
Sifat
anak ini selalunya lebih agresif berbanding dengan anak sulong. Dia selalu
dibantu dalam banyak perkara dan sentiasa ada penyokong di belakang kejayaannya
–sama ada ibu, bapa atau kakak atau abangnya. Dia turut mempunyai daya saing
yang lebih tinggi dan sering kali berlumba- lumba untuk menjadi yang lebih baik
daipada adik- beradiknya yang lain. Anak kedua boleh menjadi seorang yang degil
atau cuba dilihat menyerlah daripada orang lain dalam apa- apa perkara.
Anak Terakhir
Anak
bungsu adalah anak yang dimanjakan. Sama seperti anak sulung, kemungkinan ia
akan menjadi anak yang bermasalah dan menjadi orang dewasa yang neurotik dan
tidak mampu menyesuaikan diri.
0 komentar:
Posting Komentar